Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Brigita Ayu Kirana Dewi(1,Mail), Caswita Caswita Caswita(2), Widyastuti Widyastuti Widyastuti(3) | CountryCountry:


(1) Universitas Lampung, Indonesia
(2) Universitas Lampung, Indonesia
(3) Universitas Lampung, Indonesia

MailCorresponding Author

DOI 10.23960/jpmipa/v18i2.pp13-25
Metrics→
              
Indexing Site→


Download Full Text: PDF

Copyright (c) 2017 Brigita Ayu Kirana Dewi, Caswita Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti Widyastuti


Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri Matematika Siswa . Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Bandarlampung tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 299 siswa yang komprehensif dalam sepuluh kelas. Siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa dan kelas VIII C sebanyak 31 siswa yang dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemecahan masalah matematika dan skala efikasi diri. Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney dengan . Hasil analisis data diketahui bahwa telah terjadi perubahan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa. Perubahan tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan data keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa melalui model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan data keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa melalui model pembelajaran penemuan tidak terbimbing. Dengan demikian, model pembelajaran yang terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri matematis siswa.


Kata Kunci: penemuan pembelajaran terbimbing, pemecahan masalah matematika, efikasi diri



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v18i2.pp13-25


Annajmi. 2016. Peningkatan Kemam¬puan Pemahaman Konsep Mate¬matik Siswa SMP melalui Metode Penemuan Terbimbing. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Jilid 2, No. 1, (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/110/187), diakses pada 17 April 2019.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bisri. 2018. Pengaruh Model Pem¬belajaran Guided Discovery Ter¬hadap Kemam¬puan Pemecah¬an Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 6 No. 7. (https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17057), diakses pada 14 Maret 2019.

Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Universitas Negri Yogyakarta. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_Pend_35_Syarifah.pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Feby dan Khisbiyatul. 2018. Imple¬mentasi Model Pembelajaran Pe¬nemuan Terbimbing Terhadap Self-Efficacy Siswa. Prosiding Senco 2018, Science Education National Conference 2018. (Online), (http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4805), diakses pada 20 Maret 2019.

Hana dan Siti. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Mate¬matika dengan Meng¬gunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Jilid 3, No. 2, (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644), diakses pada tanggal 11 Oktober 2018.

Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. (Online), Jilid 5 No. 1. (http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474), diakses pada 16 April 2019.

Mahardikawati, Ema. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Julid 1 No. 4, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/download/11608/8310), diakses pada 15 Maret 2019.

Nuraina. 2018. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Peme¬cah¬an Masalah Mate¬matis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 10 No. 3, (https://jurnal.umuslim.ac.id/indez.php/VRS/index/article/view/2085/6172), diakses pada 14 Maret 2019.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online),

(https://ei-ie.org/media_gallery/81459.pdf), diakses 20 Okto¬ber 2018.

Puspita, Era. 2017. Efektivitas Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Mate¬matis dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 5 No. 7 , (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13518/pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Rokhimah, Siti. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Journal Pisikologi. (Online), Jilid 3 No. 1 (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/JURNAL%20IMAH%20(02-12-15-05-25-40).pdf), diakses pada 18 Maret 2019.

Suminar dan Meilani. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning dan Poblem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran. (Online) Jilid 1 No. 1, (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3339), diakses pada 20 Maret 2019.

Sahrudin, Asep. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Vol. 4 No. 1, (https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/233), diakses pada 15 Maret 2019.

TIMSS. 2011. Timss 2011 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss

org/), diakses 7 Septem¬ber 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.