Using Non-Traditional Writing Task Strategy to Improve Cognitive Concept Mastery in Learning Science and Identify Self- Regulated Learning Ability


(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia


Metrics→ |
Indexing Site→ | ![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Copyright (c) 2022 Marchelia Dwi Yanthi, Parlindungan Sinaga, Parsaoran Siahaan
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences second edition.
New York: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Creswell, John W (2009) Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods
approaches (3rd ed). Sage. Universitas Of Nebraska-Lincoln.
Daniela, P. (2015). The relationship between self-regulation, motivation and
performance at secondary school students. Procedia-Social and Behavioral
Sciences, 191, 2549-2553.
Dhiya, A. H. (2021). Pengaruh penggunaan learning cycle 5e terhadap kemampuan selfregulated learning (srl) dan penguasaan konsep dalam materi pencemaran
lingkungan (disertasi, universitas pendidikan indonesia). Diperoleh dari
http://repository.upi.edu/65448/
Fazal, S., Kasli, E., Fisika, P., Syiah, U., Darussalam, K., Aceh, B., & Penelitian, M.
(2018). Korelasi self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa akselerasi
pada pembelajaran fisika. Jurnal Indeks Mahasiswa, 9986(September), 1–4.
Fauzan, A. S., Sinaga, P., & Purwana, U. (2020). Implementasi strategi pembelajaran
writing to learn menggunakan format tulisan metakognitif untuk meningkatkan
kemampuan kognitif dan keterampilan komunikasi siswa sma pada materi usaha
dan energi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 41-48.
Hake, R. R. (1998). Analyzing change Gain Scores. [Online]. Diakses dari
https://studylibid.com/doc/326766/analyzing-change-gain-scores- %E2%80%A0-
richard-r.-hake--dept.-of
Huang, R. H., Liu, D. J., Zhan, T., Amelina, N., Yang, J. F., Zhuang, R. X., Chang, T.
W., & Cheng, W. (2020). Guidance on active learning at home during educational
disruption: promoting student’s self-regulation skills in covid-19 outbreak. Smart
Learning Institute of Beijing Normal University, 4(2), 1995–2092.
Martiasari, M. (2021). Pemahaman konsep belajar ipa siswa sekolah menengah pertama
melaui model pembelajaran inkuiri dengan metode cooperative learning. Jurnal
Pendidikan Indonesia, 2(11), 1916–1927.
https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.339
Nugraha, M. (2018). Penerapan model pembelajaran resource based learning (rbl)
dalam upaya meningkatkan kemampuan penguasaan konsep ipa. MENDIDIK:
Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 71–76.
https://doi.org/10.30653/003.201841.45
Riyadi, S. B. (2020). Implementasi strategi writing to learn pada pembelajaran fisika
untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan mengidentifikasi profil selfregulated learning peserta didik. (skripsi). Fakultas Pendidikan Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J.
M., & Barus, D. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan
konsep ipa. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Sinaga, P., & Feranie, S. (2017). Enhancing critical thinking skills and writing skills
through the variation in non-traditional writing task. International Journal of
Instruction, 10(2), 69–84. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1025a
Sinaga, P. (2014). Pengembangan program perkuliahan fisika sekolah untuk
meningkatkan kompetensi menulis materi ajar calon guru menggunakan multi
modus representasi. [disertasi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Sekolah Pasca
Sarjana. Diperoleh dari http://repository.upi.edu/12766/
Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi writing to learn pada
pembelajaran ipa smp untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan
komunikasi siswa pada materi tata surya. In Journal of Natural Science and
Integration (Vol. 4, Issue 1).
Zumbrunn, S. (2011). Encourage self-regulated learning in the classroom. Journal
Virginia Commonwealth University, 278–299.
http://scholarscompass.vcu.edu/merc_pubs/18
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.